Rumor kematian Nokia sangat dibesar-besarkan akhir-akhir ini , terlebih perangkat windows phone mereka sekarang bernama Microsoft Device , bukan lagi memakai embel-embel logo Nokia. namun kelihatannya rumor itu tidak semua benar, nokia ingin menghidupkan lagi dengan sesuatu yang menurut saya fantastis , sebuah tablet android yang bernama Nokia N1 .

Nokia N1 , sekilas nampak sama atau malah mirip sekali dengan Ipad , dari bentang layar yang sama yaitu 7.9-inch.model yang agak mirip mungkin sudah biasa sekarang , toh produsen smartphone asal china Xiaomi , sudah terlebih dulu mengeluarkan Mi Pad yang juga mirip dengan Ipad.
Nokia N1 berjalan dengan sistem operasi Android terbaru Lollipop , yang dipercantik dengan launcher garapan Nokia yang disebut Z launcher. Z launcher memungkinkan pengoperasian yang simpel disisi pengguna . pengguna tinggal mengusap huruf awal dari aplikasi yang diinginkan dan Z launcher pun menampilkannya dengan segera. simpel kan ?
Dari sisi jeroan , N1 ditenagai oleh quad-core processor Intel Atom Z3580 64-bit , ditambah dengan RAM 2 GB, GPU PowerVR G6430, media penyimpanan sebesar 32 GB. Layar 7,9 inch IPS dan terlapisi oleh Gorilla Glass 3. N1 Menggunakan body aluminium dengan warna “lava grey” dan baterai berkapasitas 5300 mah . untuk kamera , bagian depan menggunakan 5MP kamera fixed focus dan mendukung 1080 video. bagian belakang menggunakan kamera 8MP auto focus. harga yang ditawarkan juga cukup wajar  yaitu sekitar 3 jutaan.
Mungkin Nokia N1 , adalah awal dari kembalinya Nokia untuk bersaing di ranah smartphone , kita tak tahu. tapi yang pasti nokia tak benar-benar mati . mereka masih berinovasi 🙂 .
 sumber : nokia.com

Leave a comment